Selasa, 18 Desember 2012

khasiat buah kesemek

Diposting oleh Unknown di Selasa, Desember 18, 2012


khasiat buah kesemek



– Buah yang mendapat jukukan buah kaki ini memang tidak se-familiar dengan jenis buah lain, walaupun tidak begitu dikenal oleh masyarakat kita patut mengetahui dan mengenal manfaat buah kesemek agar pengetahuan akan kekayaan buah semakin bertambah. ayukk lihattt :))

Gambar buah kesemek


Darimana buah kesemek berasal ? 
Nah asal mula buah Kesemek berasal dari RRC, kemudian menyebar ke Jepang dan sempat dikembang biakkan pada jaman Purba. Akhirnya buah kesemek menyebar wilayah Asia, pada masa kolonial di tahun 1800an dibawa ke Eropa selatan dan Amerika tepatnya di negara Kalifornia. Sementara di Indonesia penghasil buah kesemek di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur, buah ini pada umumnya hidup dan ditanam di daerah-daerah dataran tinggi pegunungan.

Apa kandungan buah kesemek ? 
Warna Buah Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan. Buah ini bisa dikonsumsi langsung, supaya rasa sepatnya hilang untuk memakannya bisa diolesi dengan air kapur dan diperam. Buah kesemek juga dapat diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain, melalui proses pengeringan terlebih dahulu.
Nah kandungan buah kesemek segar mengandung :


- Senyawa antioksidan
- Karbohidrat 19,6%
- Ruktosa
- Glukosa
- Protein 0,7%
- Vitamin A
- Kalium.
- Zat tanin
- Kalsium
- Fosfor
- Retinol
- Asam askorbat
- Polifenol





Zat tanin atau disebut tanin-kaki, terdapat pada kesemek muda yang menimbulkan rasa sepat pada buah ini. Zat tanin akan berkurang bersama dengan masaknya buah. Manfaat lain dari Zat tanin buah kesemek muda adalah bisa digunakan sebagai pengawaet kerajinan tangan, sebagai bahan pengobatan darah tinggi dan bisa membantu produksi arak-beras di Jepang.

Sementara khasiat buah kesemek yang lebih di kenal untuk menjaga tubuh tetap langsing. Zat antioksidan padabuah kesemek mampu mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, hipertensi (darah tinggi), asma, sakit perut, diare dan disentri. Lantas bagaimana manfaat buah kesemek untuk ibu hamil ? Buah kesemek juga bagus untuk ibu hamil sebab buah kesemek tak kalah bagusnya dengan buah apel.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ogenki Desuka :) Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting